Obesitas sentral who daftar pustaka

Kenaikan berat badan dan lemak anak dipengaruhi oleh: Selain perbedaan kondisi sel yang ada dalam tubuh seseorang yang mengalami obesitas, obesitas juga diklasifikasikan berdasarkan tingkat keparahannya dan tipenya terutama pada anak-anak Soetjiningsih, ; a.

Diet rendah kalori dapat dilakukan dengan mengurangi nasi dan makanan berlemak, serta mengkonsumsi makanan yang cukup memberikan rasa kenyang tetapi tidak menggemukkan karena jumlah kalori sedikit, misalnya dengan menu yang mengandung serat tinggi seperti sayur dan buah yang tidak terlalu manis Dadi, H.

Remaja membutuhkan sejumlah kalori untuk memenuhi kebutuhan energi sehari- hari baik untuk keperluan aktivitas maupun pertumbuhan. Pustaka Obor Populer. Faktor nutrisional Peranan faktor nutrisi dimulai sejak dalam kandungan dimana jumlah lemak tubuh dan pertumbuhan bayi dipengaruhi berat badan ibu.

Olah Raga Aktivitas fisik didefinisikan sebagai pergerakan tubuh khususnya otot yang membutuhkan energi dan olahraga adalah salah satu bentuk aktivitas fisik.

Pemakaian obat-obatan Efek samping beberapa obat dapat menyebabkan meningkatnya berat badan, misalnya steroid dan beberapa anti-depresi Dadi, H.

Vena yang akan ditusuk ditentukan terlebih dahulu. Perbedaan kadar adiponektin darah dapat juga menunjukan berat ringannya manisfestasi PJK yang didapat. Banyak penelitian yang mengindikasikan bahwa visceral fat paling berhubungan erat dengan faktor resiko diabetes tipe 2. Setiap harinya, seorang remaja membutuhkan g protein yang bersumber dari makanan seperti daging, ayam, telur, susu dan produknya, kacang, tahu dan kedelai.

Disarankan Bagi petugas kesehatan khususnya perawat agar lebih mengefektifkan program kerja POSBINDU dalam pemberian promosi kesehatan mengenai resiko penumpukan lemak berlebih pada perut yang berdampak pada penyakit jantung koroner dengan cara mengajak masyarakat secara langsung door to door untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan dengan memberikan contoh makanan bergizi untuk dapat dijadikan responden sebagai contoh pola konsumsi makanan yang bergizi.

Subscribe to view the full document. Keadaan ini disebabkan karena makanan berlemak mempunyai energy density lebih besar dan lebih tidak mengenyangkan serta mempunyai efek termogenesis yang lebih kecil dibandingkan makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat. Untuk menentukan obesitas diperlukan kriteria yang berdasarkan pengukuran antropometri dan atau pemeriksaan laboratorik, pada umumnya digunakan: Pria-pria berperut buncit memiliki kemungkinan meninggal lebih cepat karena kepadatan lemak di perut.

Konsultasi masalah kejiwaan Obesitas yang disebabkan oleh adanya faktor stress menyebabkan meningkatnya keinginan untuk makan sebagai security food. Lemak yang menumpuk lama kelamaan akan mengaktifkan salah satu enzim, yaitu lipoprotein lipase yang meningkatkan konsentrasi asam lemak bebas dalam darah.

Oleh karena itu dampak obesitas terhadap kesehatan

Beberapa faktor penyebab obesitas pada anak juga antara lain asupan makanan berlebih yang berasal dari jenis makanan olahan serba instan, minuman soft drink, makanan jajanan seperti makanan cepat saji burger, pizza, hot dog dan makanan siap saji lainnya yang tersedia di gerai makanan.

Obesitas dipengaruhi oleh faktor lingkungan dibandingkan dengan faktor genetik. Konsumsi serat secara linier akan mengurangi asupan lemak dan garam yang selanjutnya akan menurunkan tekanan darah dan mencegah peningkatan berat badan.

Mekanisme kerentanan genetik terhadap obesitas melalui efek pada resting metabolic rate, thermogenesis non exercise, kecepatan oksidasi lipid dan kontrol nafsu makan yang jelek.

Pola penyebaran lemak tubuh tersebut dapat ditentukan oleh rasio lingkar pinggang dan pinggul atau mengukur lingkar pinggang.

Diambil dari ttps: Berbagai intervensi dalam mencegah obesitas termasuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah dapat menggantikan makanan dengan densitas energi tinggi yang sering dikonsumsi anak dan remaja, sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan.

Dalam memenuhi kebutuhannya, usia remaja dianjurkan untuk mengkonsumsi variasi makanan sehat antara lain sumber protein, produk susu rendah lemak, serealia, buah dan sayuran. Biasanya keadaan obesitas ini sudah dimulai sejak masa anak-anak dan berlangsung terus hingga dewasa.

Distribusi timbunan lemak di dalam tubuh ini dapat digunakan metode rasio lingkar pinggang dan pinggul RLPP atau mengukur lingkar pinggang LP menggunakan pita meteran.

Maraknya iklan berbagai makanan siap saji di media cetak maupun elektronik, seperti hamburger, hot dog, pizza dan fried chicken, menyebabkan makanan siap saji sangat popular dan digemari, padahal makanan tersebut mengandung lemak tinggi sehingga banyak mengandung kalori Dadi, H.

Masing-masing kuvet tersebut dicampur sampai homogen, dibiarkan pada suhu kamar selama 25 menit. Pengaturan asupan makanan Mengatur asupan makanan agar tidak mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang berlebih, dapat dilakukan dengan diet yang terprogram secara benar.Guyton., Obesitas.

In: Fisiologi Kedokteran. 11 th. Jakarta. Buku Kedokteran Indonesia EGC Hasurungan, Faktor-faktor yang berhubungan dengan hipertensi pada lansia di Kota Depok tahun [Tesis]. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; Haris, S., Tambunan, T. Hipertensi Pada Sindrom Metabolik.

Sari Pediatri. Daftar Pustaka Baziad Ali, Menopause dan Andropause.

Edisi Ke Penerbit: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo, Jakarta. Baziad Ali, DAFTAR PUSTAKA Abe H, Yamada N (). Animal models for hyperinsulinemia and insulin resistance.

Ann N Y Acad SciAchan V, Broadhead M, Malaki M, Whitley G, Leiper J, MacAllister R, et al (). Kata Kunci: Kualitas hidup, obesitas, usia sekolah. Daftar Pustaka: 53 () 3 Under Graduate Nursing Program Nursing faculty Andalas University July Name: Puti Kulindam Suto Register Number: The Relationship Between Obesity and Quality of Life in School-Age Children in SDN 30 Kubu Dalam Padang in ABSTRACT The incidence of obesity in Indonesia increased.

66 66 DAFTAR PUSTAKA 1. Departemen Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Pemantauan Status Gizi Orang Dewasa dengan Indeks Massa Tubuh (IMT), Jakarta; [internet] faktor risiko obesitas sentral pada orang dewasa di sulawesi utara, gorontalo dan dki jakarta elya sugianti departemen gizi masyarakat fakultas ekologi manusia.

Obesitas sentral who daftar pustaka
Rated 4/5 based on 83 review