Modul buku asuhan berat badan lahir rendah di bidan desa

Lanjutkan penjelasan Pelatihan berdasarkan Kompetensi dimana pada akhir pelatihan peserta diharapkan kompeten melakukan manajemen BBLR. Kemungkinan berat badan rendah 3.

Buku Saku Asuhan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah

Asuhan diare 9. Ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Tim Penyusun dan Tim Editor buku pelatihan Manajemen Bayi Berat Lahir Rendah untuk Bidan dan Perawat dan semua pihak terkait lainnya, yang telah memberikan dukungan penuh hingga diterbitkannya buku pelatihan ini.

Batasan BBLR 2. Berdasarkan umur kehamilan atau masa gestasi. Etiologi BBLR 1. Kuning menetap 14 hari c.

Hepar yang belum matang immatur Mudah menimbulkan gangguan pemecahan bilirubin, sehingga mudah terjadi hiperbilirubinemia kuning sampai keroikterus. Apa saja etiologi BBLR? Dismaturitas Dismaturitas adalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa kehamilan.

Anjurkan untuk selalu membacanya. Dengan Kurva Lubchenco diharapkan dapat menunjukkan hubungan pertumbuhan janin dan usia kehamilan. Terdapat 2 atau lebih tanda berikut: Dengan tindakan penjepitan tali pusat dengan klem pada saat lahir seorang bayi harus mulai mempertahankan kadar glukosa darahnya sendiri.

Buku Acuan Manajemen BBLR Untuk Bidan Di Desa

Berarti bayi mengalami retardasi pertumbuhan intrauterine dan merupakan bayi yang kecil untuk masa kehamilannya KMK Untuk merawat bayi baru lahir digunakanlah Kurva lubchenco. Meningkatkan gizi masyarakat sehingga dapat mencegah terjadinya persalinan dengan BBLR. Latar Belakang Bayi lahir dengan berat lahir rendah BBLR merupakan masalah kesehatan yang sering dialami pada sebagian masyarakat yang ditandai dengan berat lahir kurang dari gram.

Sindrom aspirasi mekonium 2. Plasenta privea. Trombosit neonates memperlihatkan penurunan agregasi dan daya lekat karena produksi tromboksan A 2—nya terganggu. Bila tidak terdapat perbaikan 3 hari atau keadaan semakin memburuk, atau bayi mempunyai masalah lain, segera rujuk ke rujukan yang lebih lengkap.

Konseling meliputi juga untuk kesehatan ibu sendiri. Kain penggendong bayi yang mengeliling ibu dan bayi dilonggarkan pada saat meneteki, berikan informasi untuk membantu ibu bagaimana meneteki bayi. Kadang disertai dengan pernapasan tidak teratur h.

Helen Varney etc, BBLR berkaitan dengan tingginya angka kematian bayi dan balita, juga dapat berdampak serius pada kualitas generasi mendatang, yaitu akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak, serta berpengaruh pada penurunan kecerdasan Depkes RI, Zat besi penting bagi perkembangan anak.

Asuhan pada BBLR sehat a. Rujuk apabila ditemukan ikterus non-fisiologis, berikut ini a. Perawatan tali pusat: Kebiasaan ibu ketergantungan obat narkotik, rokok dan alkohol h. Pada bayi perempuan labia mayora belum menutupi labia minora sedangkan pada bayi laki-laki skrotum belum banyak lipatan, testis kadang belum turun 6.

Salah satu bagian penting dari metode Kanguru yaitu ASI eksklusif dan tidak dibatasi Dengan bayi yang sangat dekat dengan ibunya, bayi akan mencium bau ASI dan dapat mulai meghisap ketika lapar.

Saat lahir, darah janian memperlihatkan peningkatan populasi eritrosit berinti bahkan lebih tinggi lagi apabila bayi mendapat stress, imatur, atau mengidap sindrom Down. Data tentang obat yang dikonsumsi oleh ibu, golongan darah ibu serta masa Gestasi dan berat lahir.

Setelah selesai sesi, peserta pelatihan mampu 1. Artinya bayi lahir cukup bulan usia kehamilan 38 minggutapi berat badan BB lahirnya lebih kecil ketimbang masa kehamilannya, yaitu tidak mencapai 2.

MANAJEMEN BAYI BERAT LAHIR RENDAH UNTUK BIDAN DAN PERAWAT BUKU PANDUAN PELATIH

Otot bayi masih lemah d. Karena terputusnya hubungan plasenta dan janin, maka terhenti pula pemberian glukosa.Bayi Berat Lahir Rendah untuk Bidan dan Perawat, para peserta serta fasilitator selama pelatihan, tetapi juga sebagai bahan rujukan/kepustakaan ketika bertugas memberikan pelayanan kesehatan terhadap bayi baru lahir.

panduan manajemen BBLR untuk Bidan Desa. panduan manajemen BBLR untuk Bidan Desa. Untuk keperluan bidan di desa berat lahir diterima dalam 24 jam pertama setelah lahir. Berat badan lahir rendah (BBLR) terdapat 2 penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gram, yaitu karena umur kehamilan kurang dari 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya, sekalipun umur kehamilan cukup atau kombinasi ancientmarinerslooe.com: @Rfi.

Buku Saku Asuhan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah, BUKU KEPERAWATAN KEBIDANAN ONLINE, Buku Saku Asuhan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah. · Berdasarkan pengelompokan tersebut di atas, bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dapat dikelompokan menjadi prematuritas murni dan dismaturitas. Bayi Berat Lahir Rendah untuk Bidan dan Perawat, para peserta serta fasilitator selama pelatihan, tetapi juga sebagai bahan rujukan/kepustakaan ketika bertugas memberikan pelayanan kesehatan terhadap bayi baru lahir.

Modul buku asuhan berat badan lahir rendah di bidan desa
Rated 0/5 based on 2 review